dengki ..

koq si ini dapat prestasi seperti itu ya…? koq dia bisa buat tulisan seperti itu ya? koq gerakan itu bisa mengeluarkan berbagai hal seperti itu ya? dan koq koq lainnya terlihat malang melintang ketika kita melihat seseorang berbuat sesuatu lebih dari yg kita eterprestasikan terhadapnya, bahasa apalagi itu, maksudnya, kita cenderung memandang seseorang kurang dari kita, sehingga kadang kita merasa orang lain tidak akan mampu membuat sesuatu lebih dari yg bisa kita buat.

Ndak percaya ? ketika kita melihat temen kita mendapatkan IP lebih besar dari kita kita pasti heran, apalagi yg dapat IP tersebut lebih malas dari diri kita, koq si dia bisa dapat IP bagus ya, perasaan kemarin ujian ada yg ditinggal tidur. nah lo muncul kata koqnya lagi, kalo ndak, munculnya kata mengapa .. T_T. itu firah manusia ya mungkin, manusia secara fitrah pengen lebih baik dari orang lain, namun yang kita bahasa kali ini bukan tentang fitrah manusia yg satu ini, tapi sesuatu yg muncul dari akibat adanya fitrah manusia tersebut.

berdasarkan pengalaman ada dua hal yang muncul ketika kita mendapati kasus seperti itu. yg pertama kita akan membuat sebuah prasangka buruk entah berlanjut atau tidak kepada tindakan, dan yg kedua kita malah tertantang walau secara harfiah ini kita bisa artikan prasangka baik, tapi di sini akan kita bahas yg semoga bisa membuat kita menjadi lebih produktif.

menjadi sebuah penghalang produktifitas kita ketika kita melihat saudara kita melakukan sebuah lompatan besar, dengan melibatkan prasangka buruk kita. ambillah contoh ketika saudara satu amanah kita mendapatkan prestasi yang luaaaaar biasa dalam pelajaran, padahal di satu sisi dia adalah tipe aktifis kupu2 alias setelah kuliah tidak kelihatan batang hidungnya lagi. diri kita merasa jengkel sebagai rekan seperjuangan koq malah tidak pernah membantu, eh tiba2 IPnya bagus, padahal kita malah jeblok, apalagi setelah di tabayuni berulangkali, beliaunya tetep saja, bahkan mengatakan memang tidak sanggup lagi membantu, atau membantu dengan prioritas lebih rendah.

hal yang melemahkan produktifitas tersebut bisa di break ke beberapa poin
1. kita telah sebelumnya menimbulkan prasangka, dan prasangka pada dasarnya adalah dosa (Astaghfirullah), selain itu prasangka     juga menghabiskan energi yang cukup besar
2. ketika kita hanya berorientasi pada hal tersebut, akhirnya lama2 kita terjebak iklim untuk mencari kelemahan beliau, entah jaher ato     tidak
3. kita tidak pernah maju, karena ibaratnya sebagai kapal kita telah menurunkan jangkar untuk mencari kelemahan kapal lain
4. apabila hal tersebut terus terjadi dikhawatirkan muncul rasa yg bernama dengki, naudubillah

berbeda apabila setelah kita melihat hal tersebut, kita malah mengambil ibroh, bahwa mungkin memang itu jalannya. kita diberikan kesempatan untuk berbuat lebih dari sekedar belajar. sehingga kita diharapkan untuk berbuat lebih selain untuk menyelesaikan amanah. dalam kasus ini ketika melihat saudara yg seperjuangan telah menjadi futur dan memilih prestasi di tanah lain selain dakwah, ktia munculkan sebuah tantangan sebuah bentuk dengki positif yang dapat membuat kita merasakan tertantang untuk berbuat yg lebih baik. tentunya dengan tanpa mengurangi niat hanya untuk ALLAH semata. nah dengan begitu selain kita semakin keras berusaha, kita juga semakin berusaha untk membuktikan bahwa kita hamba yg siap bergerak walaupun pada nantiinya hanya tersisa kita saja dalam jalan dakwah ini…..

One thought on “dengki ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s